348863787_554962946837258_4832273261481983845_n

Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Gizi Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat

Selasa, 23 Maret 2023. Bertempat di Kelurahan Margabakti RW 02, Kecamatan Cibeureum, Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya mendapatkan kunjungan dari Tim Rechecking Lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai Sumber Gizi Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Tim Rechecking sebanyak empat orang dari unsur Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat dan unsur Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, PJ Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya, Camat Cibeureum, Lurah se-Kecamatan Cibeureum serta Pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Cibeureum dan Kelurahan Margabakti.

Lomba Pemanfaatan Pekarangan sebagai Sumber Gizi Keluarga bertujuan meningkatkan kemandirian pangan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sumber gizi keluarga. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

Yang menjadi kriteria penilaian adalah kualitas dan kuantitas tanaman serta jumlah rumah yang pekarangannya ditanami jagung, kacang hijau, cabai, tomat, sayuran daun, budidaya ikan dalam ember serta sumber gizi lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya (Bapak Drs. H. Ivan Dicksan Hasannudin., M.Si) menyampaikan bahwa dengan diikutsertakannya Kelurahan Margabakti RW 02 Kecamatan Cibeureum dalam lomba ini diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat terhadap potensi-potensi di lingkungan sekitar terutama pekarangan untuk dimanfaatkan guna meningkatkan gizi keluarga. Pemanfaatan lahan pekarangan ini juga dapat menjadi salah satu upaya penanganan masalah stunting di Kota Tasikmalaya jika dilaksanakan secara serius dan massif oleh masarakat.

Tags: No tags

Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Form bertanda )* wajib diisi.