335978951_3332105083707319_1119370517373546174_n

Gelar Produk Dan Pasar Tani

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cibeureum yang berada dibawah Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya memilik 3 wilayah Kecamatan binaan yaitu Kecamatan Cibeureum, Kecamatan Purbaratu dan Kecamatan Tamansari. Fungsi Balai Penyuluhan Pertanian salah satunya sebagai tempat berkumpulnya para Penyuluh Pertanian dan Petani untuk merencanakan pengembangan wilayah. Salah satu hal yang dilaksanakan adalah Kolaborasi antara Forum Gapokatan BPP Cibeureum dan Penyuluh untuk kegiatan Gelar Produk dan Pasar Tani yang dilaksanakan tanggal 14-15 Maret 2023. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperlihatkan dan menjual hasil produk petani, baik itu yang berupa bahan pangan, sayuran, buah-buahan, dan produk olahan. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas Petani.

Kegiatan Gelar Produk dan Pasar Tani ini mengundang 40 tamu undangan dari stake holder bidang Pertanian beserta Pejabat yang terkait dengan kegiatan. Peserta dari acara ini adalah Gapoktan yang meliputi anggota kelompok tani, anggota KWT , anggota Taruna Tani. Acara Pada Tanggal 14 Maret 2023 meliputi Pembukaan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Dan Perikanan Kota Tasikmalaya,Hiburan, Lomba Asah Terampil Petani, Lomba Tumpeng dan Lomba Stand Gapokatan, Literasi Digital Bagi Petani, Sosialisasi Pembuatan QRIS dari Bank Indonesia, serta Mimbar Sarasehan Bagi petani. Acara pada tanggal 15 Maret 2023 meliputi jalan sehat Petani dan Petugas, Hiburan, Pengumuman pemenang-pemenang dan Sosialisasi Pemantapan kartu Tani dari Bank Mandiri serta Akses Pembiayaan KUR bagi Petani. Adapun pemenang dari perlombaan yang dilaksanakan Untuk Lomba Asah terampil, Juara 1 Kelurahan Setiawargi, Juara 2 Kelurahan Setianegara, Kelurahan Setiajaya. Untuk Lomba Tumpeng, Juara 1 Kelurahan Ciakar, Juara 2 Kelurahan Sukajaya, Juara 3 Kelurahan Sumelap. Untuk Lomba Stand, Juara 1 Kelurahan Sumelap, Juara 2 Kelurahan Ciherang, Juara 3 Kelurahan Setiawargi.

Acara Gelar Produk dan Pasar Tani ini dapat dilaksanakan atas kerjasama dan sponsor dari berbagai pihak. Semoga di tahun-tahun selanjutnya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali karena memberikan manfaat yang baik bagi para petani. Terutama untuk kegiatan Pasar Tani direncanakan akan dilaksanakan secara kontinu setiap bulannya.

Tags: No tags

Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Form bertanda )* wajib diisi.