330384930_1646950452421620_403808847775506015_n

Penyusunan Rancangan RKPD DAN Rencana Kerja pada DKP3 Kota Tasikmalaya Tahun 2024

Senin, 13 Februari 2023, bertempat di Diamond Ballroom Hotel Grand Metro Kota Tasikmalaya, dilaksanakan Forum Perangkat Daerah (Musrenbang Sektoral) Penyusunan Rancangan RKPD dan Rencana Kerja pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya Tahun 2024, dengan mengusung tema “Stabilitas Kemanan dan Peningkatan Daya Saing untuk pertumbuhan Ekonomi yang Insklusif dan Kesejahteraan Masyarakat”. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya, Drs. H. Ivan Dicksan Hassanudin, M.Si.

Turut hadir Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Tasikmalaya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Perwakilan dari kecamatan di Kota Tasikmalaya, Perwakilan OPD di Kota Tasikmalaya, Para Kepala Bidang pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Kelompok Tani Kota Tasikmalaya, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam paparannya Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa kegiatan Prioritas berkaitan dengan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi pada tahun 2023 terdiri dari:

1. Pemantauan stok, pasokan dan harga pangan secara berkala;

2. Operasi Pasar Murah bekerjasama dengan stakeholder lainnya sesuai kebutuhan;

3. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Reguler bekerjasama dengan Babinsa dengan target 20 kelompok;

4. Peningkatan Produksi Pertanian melalui penyediaan sarana budidaya tanaman pangan Hortikultura dan perkebunan, Pengembangan budidaya peternakan, peningkatan prasarana pertanian berupa pembangunan irigasi, penyelesaian ranperda LP2B dan penetapan LSD, serta optimalisasi Fungsi Rumah Potong Hewan (RPH) dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan pembangunan sektor pangan, pertanian dan perikanan di kota Tasikmalaya diantaranya perlu adanya langkah strategis pemerintah untuk mengantisipasi ketersediaan pangan yang cukup dan harga bahan pangan yang terjangkau oleh masyarakat. Karena itu Ia berharap agar DKP3 Kota Tasikmalaya dapat berkontribusi positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Tags: No tags

Komentar

Email anda tidak akan dipublikasikan. Form bertanda )* wajib diisi.