Ikan Mas

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Wadah Pembesaran Yang Cocok Untuk Ikan Mas

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Pembesaran ikan mas dapat dilakukan di media bak, kolam, kolam air deras, kolam terpal, hampang, keramba, jaring apung, atau tambak yang salinitasnya <10 ppt. Sebelum kegiatan budi daya dimulai, wadah budi daya harus dipersiapkan. Jika menggunakan kolam dengan dasar tanah, lahan perlu diolah dengan cara dikapur dan dipupuk terlebih dahulu.

Namun, lahan budi daya air deras tidak perlu dilakukan pengapuran dan pemupukan. Kondisi kesuburan tanah kolam tidak menjadi masalah dalam kolam air deras. Halini disebabkan sumber pakan ikan di air deras berasal dari pakan buatan, yaitu pakan pelet.

Ikan yang dipelihara di jaring apung akan cepat besar jika diberi pakan yang cukup. Untuk budi daya di jaring apung, dibutuhkan perairan yang cukup dalam sekitar 7 m dan biaya investasinya cukup mahal. Jika terjadi timbunan kotoran di dasar perairan yang cukup banyak kemudian terjadi pengadukan air, ikan di dalam jaring apung akan mabuk dan mati secara massal.

Ukuran luas kolam pembesaran dapat bervariasi. Kolam tanah, tembok, atau hampang dapat berukuran 10 m x 10 m, 5 m x 20 m. Ukuran tersebut dapat dibuat petak-petak kecil 5 m x 5 m untuk kolam terpal. Kedalaman airnya <1 m. Untuk keramba, dapat berukuran paling kecil 1 m x 2 m x 1 m. Dengan demikian, dalam luas 100 m2, terdapat 40—50 unit keramba. Untuk keramba jaring apung, satu unitnya sebaiknya berukuran 10 m x 10 m yang dapat dibagi empat petak dengan kedalaman minimal 3 m.

Bentuk konstruksi keramba bujur sangkar di perairan luas supaya cukup stabil jika terkena terpaan angin atau arus air.

Sumber : https://www.pertanianku.com/wadah-pembesaran-yang-cocok-untuk-ikan-mas/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya