Kiat-Sukses-Melewati-Masa-Kritis-Anak-Itik

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Tips Membeli DOD untuk Usaha Ternak Bebek

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Anak bebek atau biasa disebut day old duck (DOD) merupakan salah satu bibit yang digunakan dalam usaha ternak bebek. Produksi DOD bebek relatif lebih sedikit dibanding DOC. Hal ini karena usaha ternak bebek di Indonesia masih terkonsentrasi pada kawasan teretntu dan pengolahannya cenderung belum dilakukan secara komersial.

Usaha peternakan bebek lebih sering dijadikan sebagai usaha rumah tangga berskala kecil sehingga mutu bibit yang dihasilkan terbilang rendah.

DOD menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha ternak. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan seleksi DOD secara ketat dari penetasan yang berasal dari induk bermutu juga. Seleksi ketat tersebut dilakukan saat membeli dan terbukti dapat menghasilkan bibit yang bermutu.

Adapun ciri-ciri DOD yang baik sebagai berikut.
  • Tidak cacat/tidak sakit.
  • Memiliki bulu yang bersih dan mengilap.
  • Mata bersih, bersinar, dan terlihat seperti mata katak. Anak bebek dengan ciri ini dipercayai memiliki produktivitas telur yang tinggi.
  • Memiliki ukuran antara kepala, leher, badan, dan kaki yang proporsional.
  • Memiliki kloaka/dubur yang bersih atau tidak ada kotoran yang melekat.
  • Aktif dan lincah yang menandakan DOD memiliki minat makan tinggi.
  • Rajin mengeluarkan suara.

Pemilihan DOD jantan dan betina perlu disesuaikan dengan tujuan pemeliharaannya. Untuk usaha bebek petelur, jenis DOD yang dipilih adalah betina. Anda perlu menguasai cara membedakan antara DOD betina dan DOD jantan melalui kloaka. Caranya, bagian lunak pada kloaka ditekan, kemudian akan terlihat organ reproduksinya. Pada organ DOD jantan akan dijumpai organ phallus yang bentuknya seperti spiral, sedangkan DOD betina tidak memilikinya.

Cara lain untuk mengetahui kelamin DOD adalah dengan memerhatikan suara yang dikeluarkan. DOD betina cenderung mengeluarkan suara yang lebih nyaring dan bersih. Sementara itu, DOD jantan bersuara lebih berat.

Biasanya, pembibit yang sudah ahli dapat langsung melakukan sexing hanya dari melihat kondisi bulu dan bentuk muka itik. Umumnya, bulu itik DOD jantan agak kasar, sedangkan itik betina berbulu lembut.

Proses sexing dapat lebih mudah dilakukan pada bebek hibrida. DOD hibrida jantan dan betina dapat dibedakan dari bulunya. DOD jantan berbulu hitam, sedangkan betina berbulu cokelat.

Sumber : https://www.pertanianku.com/tips-membeli-dod-untuk-usaha-ternak-bebek/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya