Musim-Panen-Buah-Naga-dan-Rambutan-Untungkan-Petani-Parigi

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Tiga Jenis Pemangkasan Tanaman Buah Naga

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Tanaman buah naga memerlukan pemangkasan untuk mendapatkan keseimbangan pertumbuhan. Oleh karena itu, pemangkasan perlu dilakukan sedini mungkin dan rutin untuk menjaga pertumbuhan tanaman lebih teratur. Pemangkasan tanaman buah naga umumnya terbagi tiga jenis, yakni pemangkasan untuk membentuk batang pokok, pemangkasan untuk membentuk cabang produksi, dan pemangkasan untuk membentuk cabang produktif.

Berikut ini uraian lebih jelas mengenai ketiga jenis pemangkasan tanaman buah naga seperti dikutip dari buku Berkebun Buah Naga.

Pemangkasan untuk membentuk batang pokok

Tanaman buah naga dapat tumbuh sangat aktif ke berbagai arah. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur pertumbuhannya pada awal fase vegetatifnya. Pengaturan tersebut dilakukan dengan memilih tunas cabang yang dibutuhkan.

Selama proses pemangkasan dan pembentukan batang pokok, tidak menutup kemungkinan tunas di bagian bawah tetap tumbuh. Tunas tersebut perlu segera dipangkas. Luka bekas pemangkasan harus disemprot dengan larutan fungisida untuk mencegah pembusukan.

Pemangkasan untuk membentuk cabang produksi

Beberapa tunas tanaman akan tumbuh secara alami di sekitar bekas pangkasan pucuk batang pokok. Anda hanya perlu memilih 3–4 tunas atau cabang produksi yang kekar dan sehat. Di situlah cabang produksi akan memanjangkan batangnya menjuntai ke arah bawah.

Selama proses pembentukan cabang produksi sering tumbuh tunas susulan pada cabang produksi. Tunas tersebut akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan sulur produksi sehingga perlu dibuang.

Pada saat tertentu sulur produksi akan berhenti memanjang. Ketika hal tersebut terjadi, lakukan pemangkasan pucuk sepanjang 5–10 cm pada sulur produksi. Hal tersebut bertujuan membuat cabang lebih cepat menjadi dewasa.

Pemangkasan untuk membentuk cabang produktif

Pada cabang baru akan tumbuh sekitar 3–4 tunas baru. Anda cukup meninggalkan satu tunas baru. Pilih tunas yang sehat dan cepat tumbuh. Tunas tersebut sebaiknya berada di dekat batang pokok atau cabang akhir.

Sumber : https://www.pertanianku.com/tiga-jenis-pemangkasan-tanaman-buah-naga/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya