lele2

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Teknik Pemijahan Ikan Lele Secara Alami

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Pemijahan alami ikan lele tidak menggunakan tambahan obat-obatan apa pun untuk merangsang kematangan gonad pada induk. Induk lele hanya dipelihara di dalam kolam indukan dan diberikan pakan alami, seperti kijing, bekicot, atau cacing tanah untuk memacu pematangan gonad.

Teknik pemijahan ini masih sering dilakukan oleh peternak lele karena dianggap dapat memberikan hasil yang lebih baik. Meskipun, sebenarnya tidak menutup kemungkinan pemijahan buatan juga mampu memberikan hasil bagus.

Cara pemijahan ikan lele alami dianggap dapat memberikan hasil yang lebih baik karena ikan tidak terlalu dipaksa untuk mengeluarkan telurnya. Proses pemijahan dilakukan saat induk betina dan jantan memang benar-benar siap disatukan.

Berikut ini langkah-langkah melakukan pemijahan secara alami :

  • Siapkan kolam pemijahan yang akan digunakan. Kolam tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu, kemudian masukkan kakaban sebagai tempat menempelkan telur. Kolam berukuran 2 m × 2 m × 1 m membutuhkan kakaban sebanyak 10—12 buah yang diletakkan di dasar. Kakaban tersebut diberikan batu agar tidak mengapung dan disusun berjajar memenuhi serta mengikuti panjang kolam agar tidak ada telur yang tidak menempel.
  • Isi kolam dengan air hingga ketinggiannya mencapai 30 cm.
  • Setelah kolam siap, lakukan seleksi pada induk yang terlihat sudah siap memijah dan memiliki gonad berkualitas serta berpotensi menghasilkan banyak telur.
  • Setelah wadah terisi air, masukkan induk yang sudah diseleksi ke dalamnya dengan perbandingan satu ekor jantan dan dua ekor betina. Pemindahan tersebut harus dilakukan secara hati-hati dengan menggunakan seser. Proses pemindahan biasanya terjadi pada sore hari sekitar pukul 15:00—17:00.
  • Induk yang berada di kolam perlu dibiarkan semalaman dan proses pemijahan biasanya berlangsung pada malam hari pukul 22:00—02:00. Pada proses ini betina akan mengeluarkan telur dan dibuahi oleh jantan.
  • Lakukan pengecekan di pagi hari. Jika pemijahan berlangsung dengan baik, pada pukul 04:00 akan terlihat banyak telur yang menempel di
  • Pindahkan kakaban ke dalam kolam penetasan dan tunggu seminggu hingga telur menetas.
  • Pindahkan induk yang sudah memjah ke dalam kolam induk untuk beristirahat.

Sumber : https://www.pertanianku.com/teknik-pemijahan-ikan-lele-secara-alapemijahan-ikan-lele-alami-mi/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya