ec8ca2b7-c7d6-4182-8362-9b4ed10154a7_169

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Tekhnologi Bikin Cabai Tahan Lama

Mesin ini bisa membuat bawang dan cabai bertahan hingga 6 bulan. Lantas, bagaimana cara kerja mesin ini?

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menjelaskan, secara fisik mesin CAS bekerja selayaknya kulkas penyimpanan. Suhu di dalam mesin CAS dijaga rata-rata 7 derajat celcius. Bawang dan cabai bisa bertahan lama disimpan dalam suhu tersebut.

Selain itu, unsur-unsur penting dikontrol dalam mesin tersebut, seperti juga kadar oksigen dan karbon dioksida yang berada di dalam mesin CAS.

“Pangan ini kan secara alami akan masak, matang, lalu busuk. Nah, alat ini memperlambat dari proses menjadi busuk. Cabai itu enggak bisa disimpan pakai¬†cool storage biasa. Makanya kita simpan di suhu kecil 7 derajat celcius,” jelas Ari

Menurut Arif, teknologi mesin pendingin yang diproduksi perusahaan asal Kudus, PT Pura Group tersebut, bekerja dengan membuat mikroorganisme yang terkandung di dalam bahan pangan berada dalam kondisi mati sementara. Hal tersebut yang membuat bawang dan cabai dapat bertahan lebih lama.

“Ini bisa simpan bawang 3-6 bulan. Nah ini teknologinya istilahnya semacam mematikan sementara, atau memingsankan komponen di dalamnya, jadi bisa terjaga,” terang Arief.

Ia menambahkan, teknologi yang sama telah digunakan lebih dulu di Indonesia oleh Dewan Bawang Nasional, dengan sistem sewa kepada PT Pura Group. Melihat keberhasilan tersebut, PD Pasar Jaya kemudian tertarik untuk menerapkan mesin yang sama guna menjaga stabilisasi harga pangan di Jakarta dan sekitarnya terutama pada komoditi yang mengalami fluktuasi harga begitu tinggi seperti bawang dan cabai.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya