tomato-2643774_1280-1140x758

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Tanaman Cocok Musim Kemarau

Musim kemarau Indonesia dimulai pada bulan April, dan masih terjadi di bulan Agustus. Ketika puncak kemarau terjadi, suhu udara pada siang hari sangat panas, namun pada malam hari sangat dingin. Angin yang berhembus dari wilayah Samudra Hindia dan Australia, memasuki wilayah Indonesia membawa udara kering yang miskin uap air.

Ketika musim kemarau, hujan tak lagi turun. Maka, pertanian akan banyak bergantung pada bendungan ataupun sungai. Meski cukup menantang, bertani di musim kemarau juga cukup menjanjikan jika Anda memilih tanaman yang tepat.

Beberapa tanaman memang cocok untuk ditanam di lahan kering. Maka, meski musim kemarau, Anda masih bisa membudidayakan beberapa jenis tanaman. Beberapa tanaman tersebut diantarnya seperti; tomat, lada, melon, bawang, wortel, bayam, ubi jalar, mentimun, kentang, hingga kacang tanah ataupun kacang hijau.

Namun, perlu diingat bahwa ketika musim kemarau terjadi, hama tanaman akan lebih banyak menyerang. Beberapa petani banyak lahan pertaniannya diserang hama bangkak. Hama ini menghambat pertumbuhan serta produksi buah dan bunga pada tanaman.

Hama ini biasanya muncul ketika berlangsung cuaca dingin di musim kemarau. Kacang-kacangan, kecipir, tomat, cabai dan terong adalah jenis-jenis tanaman yang paling sering diserang hama jenis ini.

Jika Anda memutuskan untuk bertani di musim kemarau dengan cuaca dingin seperti ini, melakukan penyemprotan anti hama pada tanaman harus dilakukan. Jika tidak, akibatnya hama justru akan lebih merajalela.

Memotong tanaman-tanaman yang sudah terserang hama juga bisa menjadi salah satu solusi. Potong bagian yang terserang hama, kumpulkan pada satu tempat yang jauh dari lahan pertanian, lalu bakar atau disiram larutan insektisida.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya