Sapi

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Syarat Fisik untuk Calon Indukan Sapi Unggulan

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Bibit sapi unggulan kemungkinan besar dihasilkan dari pejantan dan indukan yang berkualitas. Itu sebabnya pemilihan calon induk sapi tidak boleh sembarangan. Ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan, seperti sehat dan tidak cacat, penampilan fenotip sesuai rumpunnya, serta bobot umur setahun di atas rata-rata. Berikut ini beberapa syarat fisik induk sapi sesuai dengan jenisnya.

Sapi bali

Sapi jantan yang baik memiliki rambut berwarna hitam, lutut ke bawah berwarna putih, dan bagian pantat terlihat berwarna putih berbentuk setengah bulan. Bagian ujung ekor berwarna hitam, begitu pun dengan tanduknya. Bentuk kepala sapi jantan lebar dan lehernya kompak serta kuat.

Sapi jantan sebaiknya berumur 24–36 bulan. Untuk jantan kelas I minimal memiliki tinggi gumba 119 cm, di kelas II minimal 111 cm, dan di kelas III minimal 108 cm. Sementara itu, untuk panjang tubuh, pejantan di kelas I minimal 121 cm, kelas II minimal 110 cm, dan kelas III minimal 106 cm.

Sapi bali betina yang bagus dijadikan sebagai calon indukan umumnya memiliki rambut merah, lutut ke bawah berwarna putih dan terdapat warna putih di bagian pantat yang berbentuk setengah bulan. Bagian ujung ekor berwarna hitam, memiliki garis belut berwarna hitam di punggung. Tanduk betina pendek dan kecil. Bentuk kepala panjang dan sempit serta leher sempit.

Betina sebaiknya berumur 18–24 bulan. Betina di kelas I memiliki tinggi gumba minimal 105 cm, kelas II minimal 97 cm, dan kelas III minimal 94 cm. Sementara itu, untuk panjang tubuh, betina di kelas I minimal 104 cm, kelas II minimal 93 cm, dan kelas III minimal 89 cm.

PO

Sapi PO jantan yang bagus memiliki rambut putih keabu-abuan, kepas ekor dan rambut di sekitar mata berwarna hitam. Ukuran badan besar, gelambir longgar bergantung. Bagian punuk besar, leher pendek, dan tanduk pendek. PO jantan sebaiknya sudah berumur 24–36 bulan.

Pejantan kelas I minimal memiliki tinggi gumba 127 cm, kelas II minimal 125 cm, dan kelas III minimal 124 cm. Sementara itu, untuk panjang tubuh pejantan kelas I minimal 139 cm, kelas II minimal 133 cm, dan kelas III minimal 130 cm.

Calon indukan sapi PO betina yang bagus memiliki ciri-ciri fisik hampir sama seperti PO jantan, tetapi berumur 18–24 bulan. Tinggi gumba untuk betina kelas I minimal 116 cm, kelas II minimal 113 cm, dan kelas III minimal 111 cm. Sementara itu, untuk panjang tubuh kelas I minimal 124 cm, kelas II minimal 117 cm, dan kelas III minimal 115 cm.

Brahman

Calon indukan sapi brahman yang bagus berwarna putih keabu-abuan, sedangkan betina bisa berwarna merah. Bagian tubuh dan kepala relatif besar. Pejantan sudah berumur 24–36 bulan dengan tinggi gumba minimal 125 cm. Sementara itu, betina berumur 18–24 bulan dengan tinggi gumba minimal 112 cm.

Sumber : https://www.pertanianku.com/syarat-fisik-untuk-calon-indukan-sapi-unggulan/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya