Edit 3

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Sosialisasi KOSTRATANI dan Pelatihan Aplikasi Pelaporan Program Utama Kementerian Pertanian

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan — Kegiatan Sosialisasi KOSTRATANI dan Pelatihan Aplikasi Pelaporan Program Utama Kementerian Pertanian lingkup Kota Tasikmalaya. Dihadiri oleh Balai Besar Karantina Tanjung Priok sebagai Tim Pendamping dan Supervisi Kota Tasikmalaya. Kegiatan dilaksanakan Pada Tanggal 13 Agustus 2020 yang bertempat di Aula BPP Kawalu mulai pukul 08.00 s.d 13.00. Dengan narasumber dari Balai Besar Karantina Tanjung Priok dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya.

Laporan Program Utama Pertanian ini dilaksanakan oleh Penanggung Jawab tingkat kota sebagai KOSTRADA oleh admin tingkat kota dan penanggung jawab KOSTRATANI yaitu oleh admin di BPP masing-masing. Aplikasi ini meliputi :

  1. Ketersediaan dan harga 11 komoditas strategis,
  2. laporan tanam, panen,provitas komoditas (padi, jagung, kedelai, cabe merah, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, produksi sapi potong, data komoditas ayam broiler, data komoditas ayam petelur,
  3. Kredit Usaha Rakyat,
  4. Data ekspor,
  5. Data penyerapan tenaga kerja lingkup pertanian,
  6. Data alsintan,
  7. Data kegiatan untuk menekan losses waktu panen,
  8. Data petani milenial,
  9. Data kegiatan di BPP.

Data aplikasi tersebut harus dilaporkan setiap Hari Jumat. Di Kota Tasikmalaya ada 4 BPP yaitu : 1) BPP Indihiang dengan wilayah kerja Kecamatan Indihiang dan Bungursari, 2) BPP Cipedes dengan wilayah kerja Kecamatan Cipedes, Tawang dan Cihideung, 3) BPP Kawalu dengan wilayah kerja Kecamatan Kawalu dan Mangkubumi, dan 4) BPP Cibeureum dengan wilayah kerja Kecamatan Cibeureum, Tamansari dan Purbaratu.

Dengan adanya KOSTRATANI diharapkan ada peningkatan produksi pertanian dengan sistem satu data. Untuk Tahun 2020 KOSTRATANI salah satu kegiatan nya adalah BPP model. Untuk BPP Model untuk Tahun 2020 adalah di BPP Kawalu.

 

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya