Pesona-Arwana-Banjar-Merah

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Pesona Arwana Banjar Merah

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Arwana banjar merah merupakan varietas arwana merah kelas dua. Ternyata, arwana ini bukan merupakan strain murni arwana merah. Anda bisa mengenali arwana banjar merah dari penampakan siripnya yang berwarna oranye pucat, sedangkan bagian ekor ikan berwarna oranye atau kuning. Arwana jenis ini sama sekali tidak memiliki warna merah, baik di bagian badan maupun pipi.

Jika dilihat secara sekilas, banjar merah yang masih muda mirip dengan arwarna merah muda. Itu sebabnya banyak hobiis yang sering terkecoh ketika membedakan kedua jenis arwana ini saat masih muda.

Namun, sebetulnya, kedua jenis arwana ini memiliki perbedaan yang bisa Anda amati secara saksama. Arwana merah yang masih muda, siripnya berwarna merah pekat merata ke seluruh permukaan sirip, sedangkan arwarna banjar merah memiliki sirip yang berwarna lebih muda atau cenderung jingga merah pucat. Selain itu, warna sisik banjar merah cenderung kuning atau kehijauan. Penampilan arwana ini tidak semengilap arwana merah yang sesungguhnya.

Banjar merah memiliki bentuk kepala yang cenderung membulat dan mulut yang tidak begitu lancip. Bagian tutup insang arwana ini berwarna merah muda dan bingkai siripnya berwarna pink tua atau menyerupai seperti warna karat. Pada arwana merah, warna tersebut akan berubah menjadi oranye atau merah setelah dewasa. Sementara itu, pada banjar merah, warna tersebut tidak mengalami perubahan meskipun ikan sudah beranjak dewasa.

Sesuai dengan namanya, habitat arwana banjar merah di wilayah Kalimantan Selatan seperti di Banjarmasin. Panjang arwana ini dapat mencapai 90 cm sehingga Anda membutuhkan tempat yang cukup luas untuk merawatnya. Akuarium yang luas dapat membuat ikan lebih mudah untuk bergerak bebas sehingga Anda bisa menyaksikan ikan atraktif. Harga arwana ini berada pada kisaran Rp2 jutaan.

Umumnya, arwana memiiliki tiga strain warna, yakni merah, hijau, dan kuning. Pedagang arwana biasanya membagi lagi menjadi tiga warna pada merah, di antaranya merah biasa, merah kuning, dan super merah.

Perbedaan warna pada arwana bukan disebabkan oleh lingkungan hidupnya. Menurut ahli anggapan tersebut tidak benar, tetapi masih banyak pedagang yang memercayainya. Arwana hijau bisa dilepaskan di habitat arwana merah dan akan tetap berwarna hijau. Begitu pun sebaliknya.

Sumber : https://www.pertanianku.com/pesona-arwana-banjar-merah/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya