Foto Unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Penyerahan Paket Protein Hewani Kepada Kelompok P2L

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya === Bertempat di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kelompok Tani Tunas Harapan Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya telah dilaksanakannya kegiatan Penyerahan Paket Protein Hewani Untuk Pencegahan dan Penanganan Stunting Pada Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2021. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat beserta Jajarannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya beserta jajarannya, Camat Tawang, Lurah Kahuripan, Kepala Puskesmas Kahuripan, Pengawas KB Kecamatan Tawang, Babinsa dan Babinkamtibmas Tawang, Koordinator Fungsional Tingkat Kota Tasikmalaya, Kepala BPP Se-Kota Tasikmalaya, Para Tokoh Masyarakat dan Ketua Kelompok Tani / Kelompok Wanita Tani Penerima Kegiatan P2L Se- Kota Tasikmalaya. Selasa, 16 November 2021

Bantuan Paket Protein Hewani ini berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat yang diberikan kepada 10 kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) stunting Se-Kota Tasikmalaya. Kegiatan tersebut diatas sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat dan merupakan salah satu upaya untuk penurunan stunting di Kota Tasikmalaya. Bantuan paket protein ini berupa 1 Kg daging ayam, telur, susu, buku dan sayuran dari Kelompok Tani Tunas Harapan.

Pencegahan stunting sangat penting untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang sehat, aktif dan produktif. Program P2L ini menjadi salah satu upaya intervensi yang difokuskan pada pemberdayaan kelompok masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan untuk ditanami berbagai tanaman sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral untuk dikonsumsi oleh keluarga. Program ini sangat strategis untuk memperbaiki gizi masyarakat dan mengatasi masalah stunting. Dengan adanya kegiatan P2L ini merupakan salah satu penanganan stunting dan diharapkan dapat menekan angka stunting di Kota Tasikmalaya. Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan dan akses pangan yang bergizi sehingga mendorong peningkatan ketahanan pangan dan Gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat.

Program Pekarangan Pangan Lestari ini merupakan solusi terhadap ketahanan pangan keluarga, apalagi di masa pandemi Covid 19. Tujuannya tidak hanya untuk penguatan pangan tetapi juga untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Program P2L diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi juga menjadi sumber pendapatan sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga. Oleh karena itu, semua masyarakat harus memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, karena ketahanan pangan nasional dimulai dari ketahanan pangan keluarga. Hadirnya pemerintah Provinsi menjadi motivasi bagi kelompok untuk selalu eksis dalam memanfaatkan pekarangan guna menjaga ketahanan pangan keluarga.

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya