Restocking 29 Juli 2020 Photo Unggulan 600 x 315 px

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Penebaran Kembali (Restocking) Berbagai Jenis Benih Ikan

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan –¬†Pada hari ini Bidang Perikanan telah melaksanakan kegiatan Penebaran Kembali ( Restocking ) berbagai jenis benih ikan diantaranya benih ikan patin, ikan nila, ikan tawes dan ikan nilem di perairan umum (Situ). Kegiatan Restocking hari ini dihadiri langsung dan juga secara simbolis penebaran benih ikan di daerah Situ Gede oleh Bapak Drs. H. Budi Budiman ( Walikota Tasikmalaya ).

Maksud dari Kegiatan Restocking di Perairan Umum (Situ) di Kota Tasikmalaya yaitu memanfaatkan sumber daya secara berkesinambungan dan juga perlu dilakukan secara bijaksana. Agar terjadi keseimbangan maka diperlukan pengelolaan sumber daya yang lebih hati-hati di perairan umum agar tingkat pemanfaatan sumber daya ikan, serta terjaminnya kelangsungan usaha dalam pemanfaatan sumber daya ikan dengan tetap mempertahankan kelestarian sumber daya ikan di perairan umum, tebar benih ini juga bertujuan untuk menjaga ekosistem ikan di perairan umum karena selama ini banyak pengambilan ikan dengan tidak wajar oleh kerena itu diharapkan masyarakat ikut menjaganya.

Tujuan dari Kegiatan  Restocking di Perairan Umum (Situ) di Kota Tasikmalaya adalah menambah stock/persediaan ikan agar dapat dikelola, dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk dikonsumsi, dan juga bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

Restocking ini merupakan bagian dari kegiatan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, dan kegiatan Restocking ini berasal dari;

  • Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat wilayah utara ( Subang ) jenis ikan yang akan ditebar Benih Ikan Patin sebanyak 25.000 ekor dan Benih Ikan Nila Sebanyak 25.000 ekor.
  • Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat wilayah selatan ( Singaparna ) Jenis Ikan yang akan ditebar benih ikan nilem dan benih ikan tawes Sebanyak 300.000 ekor

Kegiatan Restocking ini di laksanakan pada hari Rabu, 29 Juli 2020 dan lokasi kegiatan ini dilaksanakan di 3 tempat perairan umum (situ) yang berada di sekitar Kota Tasikmalaya diantaranya yaitu di daerah Situ Gede Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi, Situ Cibeureum dan Situ Malimping. Sebelumnya pada tanggal 22 Juli 2020 telah dilakukan Restocking /penebaran benih Ikan Nila di situ Gede sebanyak 15.000 ekor. Kegiatan Restocking / penebaran benih ini dan sebelumnya berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Kota Tasikmalaya.

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya