WUB Sektor Tanaman Pangan-Unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Pelatihan MKDU Program WUB Sektor Tanaman Pangan

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya === Bertempat di Aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, telah dilaksanakannya Pelatihan Materi Kompetensi Dasar Umum (MKDU) Pada Program/Kegiatan Pencetakan Wirausaha Baru (WUB) Sektor Tanaman Pangan Tahun Anggaran 2021. Kegiatan Pelatihan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya dan didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perkebunan, Kepala Seksi Tanaman Pangan serta para peserta pelatihan. Senin, 07 Juni 2021

Dasar Pelaksanaannya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya berkontribusi untuk mensukseskan program pencetakan Wirausaha Baru (WUB) dengan target 1.500 WUB dalam kurun waktu 5 Tahun yang dimulai pada tahun 2018 sampai dengan tahun 2022. Target pencetakan WUB Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya diselenggarakan melalui 3 (tiga) bidang yaitu Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (150 WUB/Tahun), Bidang Peternakan (50 WUB/Tahun), Bidang Perikanan (100 WUB/Tahun). Capaian Program WUB Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya sampai dengan tahun 2020 adalah 489 WUB (54 % dari target 900 WUB). Jumlah realisasi tersebut disebabkan karena adanya pengalihan anggaran untuk pengendalian Covid-19. Untuk mengejar pemenuhan capaian target WUB, maka pada tahun 2021 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya akan mencetak sebanyak 450 WUB yang terdiri dari 225 WUB bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, 75 WUB bidang Peternakan, dan 150 WUB bidang Perikanan.

Dengan kegiatan pencetakan Wirausaha Baru, peserta yang menjadi sasaran diberi pembekalan berupa pengetahuan, keterempilan dan motivasi membuka usaha di sektor pertanian dan perikanan melalui pelatihan materi kompetensi dasar umum selama 2 (dua) hari, pelatihan teknis budidaya / pengolahan hasil pertanian dan perikanan selama 2 (dua) hari serta terakhir kegiatan magang selama 3(tiga) hari. Adapun pelaksanaannya berdasar pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) kegiatan pencetakan Wirausaha Baru Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya yang bersumber dana dari APBD Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2021.

Materi Kompetensi Dasar Umum (MKDU) merupakan salah satu tahapan kegiatan pencetakan Wirausaha Baru. Pelatihan  MKDU Program Wirausaha Baru  pada sektor Tanaman Pangan ini dilaksanakan selama 4 hari yang dibagi menjadi 2 hari untuk Tanaman Pangan dan 2 hari lagi untuk Hortikultura dan Perkebunan dengan jumlah total peserta sebanyak 225 peserta diantaranya 75 orang Tanaman Pangan dan 150 Orang Hortkultura dan Perkebunan. Kegiatan Pelatihan ini dimulai pada Tanggal 07 Juni – 10 Juni 2021.

Materi Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah/paparan dan diskusi. Adapun materi yang disampaikan diantaranya 1) Kewirausahaan, 2) Peluang, Ide, membuat keputusan dan keberhasilan usaha (motivasi usaha), 3) Pemanfaatan Sosial Media dan Market Place (Riset Pasar dan E-Commerce), 4) Managemen Keuangan, 5) Bisnis Kreatif dan Membangun Branding, 6) Business Plan. 

Narasumber Pelatihan Materi Kompetensi Dasar Umum (MKDU) terdiri dari unsur akademisi, BUMD dan Praktisi.

 

 

 

 

 

 

Dokumentasi : Kegiatan Pelatihan MKDU Program Wirausaha Baru Sektor Tanaman Pangan.

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya