Pelatihan Produk Unggulan Perikanan-Unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Pelatihan Budidaya Produk Unggulan Perikanan

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya === Pelatihan pengembangan budidaya produk unggulan perikanan dengan jenis kegiatan pengelolaan pembudidayaan ikan, serta sub kegiatannya adalah penjaminan ketersediaan sarana pembudidayaan ikan dalam 1 (satu) daerah Kabupaten/Kota Tahun 2021. Kegiatan ini dihadiri dan sekaligus dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Drs. H. Tedi Setiadi, M.Pd. didampingi oleh Kepala Bidang Perikanan, Fria Hayatinnufus, S.Pi., dan Koordinator Penyuluh Perikanan, H. Dedi dan juga dihadiri peserta pelatihan sebanyak 40 peserta dari perwakilan anggota kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) sasaran penerima program pengelolaan perikanan budidaya Tahun Anggaran 2021. Selasa, 27 April 2021

Materi Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah ( paparan ), Diskusi dan Praktik. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini, selasa tanggal 27 April 2021 sampai dengan hari kamis tanggal 29 April 2021. Hari pertama dan hari kedua diisi dengan teori yang dilaksanakan di Aula Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, sedangkan pada hari ketiga diisi dengan praktik langsung yang akan dilaksanakan di UPTD Balai Benih Ikan. Narasumber terdiri dari Penyuluh Perikanan (PNS dan PPB) serta Petugas BBI.

Adapun materi yang disampaikan meliputi :

  1.  Cara Pembenihan Ikan Yang Baik
  2.  Pembenihan Ikan Nila dan Ikan Mas
  3.  Pembenihan Ikan Gurame
  4.  Pengelolaan Pakan
  5.  Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan
  6.  Panen, Pasca Panen dan Peluang Pemasaran
  7.  Penumbuhan, Pengembangan dan Dinamika Kelompok

Dasar pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan berdasar pada dokumen pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) program pengelolaan perikanan budidaya yang bersumber dana dari APBD Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2021. Dengan adanya pelatihan ini berharap seluruh peserta dapat menyimak materi yang disampaikan oleh para narasumber serta dapat menerapkannya dilingkungan masing-masing.

 

 

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya