Pelatihan Budidaya Perikanan Air Tawar_ Unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Pelatihan Budidaya Perikanan Air Tawar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan === Telah dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Pengembangan Budidaya Perikanan Air Tawar yang dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis tanggal 16 – 17 Maret 2022 bertempat di Aula Balai Benih Ikan (BBI) dan Aula Mina Minapolis. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Kepala Bidang Perikanan beserta Jajarannya dan peserta pelatihan.

Kota Tasikmalaya dikenal sebagai sentra perikanan di Jawa Barat. Potensi Sumber Daya Alam perikanan Kota Tasikmalaya yang termanfaatkan pada tahun 2021 meliputi kolam seluas 640,72 Ha, sawah (Mina Padi) seluas 51,42 Ha, Air Deras seluas 0,14 Ha, jumlah areal pembenihan seluas 19,49 Ha, Pembesaran seluas 621,23 Ha dan perairan umum situ seluas 68 Ha. Sumber Daya Manusia perikanan terdiri dari RTP pembudidaya ikan sebanyak 12.234 RTP, RTP Penangkapan Ikan Perairan Umum sebanyak 159 RTP, Kelompok Pelaku Usaha Perikanan sebanyak 411 kelompok yang terdiri dari Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) sebanyak 393 kelompok, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) sebanyak 3 kelompok dan kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) sebanyak 15 kelompok dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR) sebanyak 49 Unit.

Kota Tasikmalaya memiliki potensi perikanan air tawar dengan komoditas unggulan adalah ikan gurame, nila, mas, lobster dan lele. Komoditas ikan nila dan mas merupakan komoditas perikanan yang sangat diminati masyarakat sebagai bahan pangan, asal ikan yang mudah terjangkau dari segi harga dan disukai dari segi rasa. Potensi budidaya ikan nila dan mas di Kota Tasikmalaya meliputi seluruh luas kolam yang ada di Kota Tasikmalaya, karena ikan nila dan mas bisa dibudidayakan secara polikultur. Kebiasaan ini yang mengakibatkan budidaya ikan nila dan mas belum dilakukan secara intensif.

Kegiatan pengembangan budidaya ikan nila dan mas merupakan realisasi Program Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang berdaya saing dan memiliki kemampuan teknis dalam berusaha dan berwirausaha. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pembudidaya ikan, dalam budidaya ikan sehingga dapat mendorong pembudidaya ikan untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi dan pendapatannya dan juga agar pembudidaya ikan lebih memahami dan melihat secara langsung proses budidaya ikan di lapangan dan dapat memelihara, mengembangkan pembenihan sendiri sehingga dapat mencetak induk dan benih ikan yang berkualitas.

Jumlah peserta pelatihan pengembangan budidaya perikanan air tawar tahun 2022 ini berjumlah 42 orang dengan narasumber berjumlah 6 orang. Mudah-mudahan peserta pelatihan dapat menggunakan kesempatan dan mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, serius dan tekun pada setiap materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga para peserta pelatihan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemberdayaan masyarakat khususnya dalam peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Kiranya setelah selesai mengikuti kegiatan pelatihan ini para peserta dapat menularkan ilmunya kepada teman di kelompoknya, tetangga dan orang lain.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya