Sapi perah FH

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Pakan yang Tepat untuk Sapi di Masa Laktasi

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Setelah melahirkan, sapi perah akan mengalami suatu dorongan alamiah yang kuat untuk memproduksi susu. Hal ini terjadi terutama pada sapi yang memproduksi susu cukup tinggi. Pada masa laktasi, sapi memerlukan pakan yang tepat untuk mendukung produksi susu terus meningkat. Pakan sapi pada masa laktasi harus mengandung protein.

Untuk sementara, sapi perah akan melepaskan energi yang disimpan sehingga menyebabkan bobot badannya menurun. Namun, biasanya di dalam tubuh sapi tidak tersimpan cadangan protein. Itu sebabnya protein menjadi kandungan yang harus diperhatikan di dalam pakan.

Pemberian pakan untuk sapi yang sedang dalam masa laktasi harus disesuaikan dengan bobot badannya. Hal ini karena pakan tersebut dapat memengaruhi jumlah produksi susu yang dihasilkan dan kandungan lemak yang terdapat di dalam susu. Berikut ini beberapa tips pemberian pakan untuk sapi yang sedang berada masa laktasi.

Pakan hijauan

Hijauan yang diberikan harus berkualitas bagus sebanyak sapi tersebut dapat mengonsumsi, tetapi jangan yang mempunyai kandungan bahan kering (BK) rendah karena hijauan itu berair. Pakan hijauan yang diberikan sebaiknya dalam keadaan segar, apabila memungkinkan. Pakan hijauan yang bagus untuk sapi perah adalah king grass dan Indigofera. Anda juga bisa memberikan polong lamtoro saat kedua jenis hijauan tersebut sedang sulit didapatkan.

Konsentrat

Konsentrat yang diberikan juga harus berkualitas sebanyak 8–10 kg/hari, bergantung pada bobot badannya (maksimum 2 kg/100 kg bobot badan). Pemberian konsentrat harus dilakukan secara bertahap, misalnya hari pertama 4 kg, hari kedua 5 kg, hari ketiga 6 kg, dan seterusnya sampai jumlah maksimum tercapai. Namun, pemberian konsentrat jangan sampai mengganggu pencernaan.

Perlu diingat, kekurangan konsentrat yang sementara sifatnya dapat mengakibatkan penurunan produksi susu yang tajam. Sangat sulit mengembalikan produksi susu pada tingkat semula walaupun konsentrat tersedia lagi. Oleh karena itu, penyediaan pakan secara terus-menerus sangat penting.

Perhatikan kebutuhan nutrisi yang lain

Kekurangan pakan dapat menyebabkan sapi kekurangan nutrisi yang seharusnya dipenuhi dari pakan hijauan. Tubuh yang kekurangan nutrisi dari pakan hijauan akan sulit menyerap nutrisi di dalam konsentrat dan mengubahnya menjadi energi untuk sapi. Dengan begitu, pemberian konsentrat akan berjalan sia-sia.

Sumber : https://www.pertanianku.com/pakan-yang-tepat-untuk-sapi-di-masa-laktasi/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya