Foto unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Musyawarah Cabang Pembentukan DPC Jawa Barat 4 PAVETI

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya === Bertempat di Aula Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya telah dilaksanakannya kegiatan Musyawarah Cabang Pembentukan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Jawa Barat 4 Perkumpulan Paramedik Veteriner Indonesia (PAVETI). Pada kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya dan tamu undangan Paramedik Veteriner dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Garut. Selasa, 23 November 2021

Istilah veteriner berasal dari kata veterinaire atau veterinary Saat masih menggunakan peraturan perundangan veteriner dan polisi khusus kehewanan, veteriner dapat diartikan kehewanan atau segala aspek yang berkenaan dengan hewan ternak berikut produk-produknya yang mempunyai nilai dan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat.  Adapun veteriner didefinisikan dan diartikan segala urusan yang berkaitan dengan hewan dan penyakit hewan. Pengertian ini ditujukan juga untuk kesehatan masyarakat dan kesejahteraannya. Dengan demikian, pengertian veteriner pada hakikatnya pengelolaan hewan dan ternak serta produk hasil hewan ternak dengan sebaik-baiknya dengan kaidah yang benar untuk kesejahteraan manusia.

Sesuai peraturan perundangan yang berlaku saat ini hewan ternak sebagai salah satu sumber untuk kemakmuran sehingga menjadi kewajiban pemerintah untuk mengatur, mendorong, dan memfasilitasi pemeliharaan serta mengembangkan dengan sebaik-baiknya agar tercapai maksud pengelolaan dan penggunaan hewan ternak secara lestari. Oleh karena itu, penyelenggaraannya mutlak untuk mempertahankan status kesehatan hewan nasional, melindungi wilayah negara kesatuan Republik Indonesia dari ancaman penyakit dan/atau gangguan kesehatan manusia, hewan, dan ekosistemnya, serta memberikan jaminan pangan asal hewan yang aman, sehat, utuh, dan halal. (Sumber : https://www.pertanianku.com/apa-itu-arti-veteriner/ )

Keberadaan organisasi profesi paramedik veteriner sangat dibutuhkan, agar paramedik veteriner dapat bekerja sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya, memegang teguh kode etik profesinya dan mengikuti peraturan berlaku. Perkumpulan Paramedik Veteriner Indonesia (PAVETI) menaungi semua kompetensi paramedik veteriner sesuai amanat Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2017 tentang Otoritas Veteriner.

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya