Sidak Pangan Jelang Natal - Unggulan 1

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Monitoring Ketersediaan & Harga Pangan Pokok Strategis Menjelang Natal

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan — Tim Satgas Pangan Kota Tasikmalaya melaksanakan operasi Pasar untuk memonitoring ketersediaan dan harga pangan pokok strategis menjelang hari Natal. Tim Satgas Pangan Kota Tasikmalaya ini terdiri dari Unsur Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Unsur Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Unsur Satpol PP dan Damkar, Unsur Bagian Ekonomi, Unsur Bagian Polri dan Perwakilan Bank Indonesia. Rabu, 23 Desember 2020

Maksud dari melaksanakan Operasi Pasar ini adalah untuk mengecek harga dan ketersediaan pangan pokok strategis dan juga bertujuan untuk menstabilkan harga pangan pokok. Kegiatan tersebut dilaksanakan di 2 (dua) lokasi yang berbeda yaitu Pasar Cikurubuk dan Lotte Mart.

Berdasarkan hasil monitoring ketersediaan dan harga pangan pokok ke cikurubuk dengan tim satgas pangan menyimpulkan bahwa harga pangan yg mengalami kenaikan yaitu sayuran diantaranya cabe rawit domba 55.000, caplak hijau 45.000, cabe merah lokal 60.000, cabe kriting 65.000, cabe merah TW 50.000. Hal ini dikarenakan pasokan berkurang dikarenakan pasar – pasar di Jakarta sudah buka lagi dan permintaan di Jakarta meningkat, sedangkan untuk permintaan di Pasar Cikurubuk hari tadi masih biasa, belum  terjadi permintaan. Untuk harga telur di Pasar Cikurubuk mencapai 27.000 terjadi kenaikan hal. Gula putih 12.500 – 13.500 dan minyak goreng curah 13.000- 13.500 kemasan 1ltr 13.500 – 14.000, terjadi kenaikan harga dan untuk permintaan masih tetap atau belum ada peningkatan. Harga Bawang Putih 20.000 – 25.000 dan bawang merah 20.000 – 25.000 jadi relatif stabil. Daging ayam stabil 32.000- 34.000, daging sapi terjadi kenaikan diantaranya harga daging sapi lokal 120.000, sapi import 110.000, blm terjadi peningkatan, bahkan relatif menurun karena ada pembatasan pembukaan cafe. Sedangkan untuk beras di Pasar Cikurubuk masih stabil diantaranya harga beras premium 11.000, beras medium 10.000 dan termurah 9.500. untuk pasokan dan stok masih banyak dari kabupaten Tasikmalaya dan Banjar, jadi pasokan aman sampai dengan bulan Januari 2021.

Sedangkan hasil Monitoring Ketersediaan dan Harga Pangan Pokok Strategis Menjelang Natal ke Lotte  Mart yang dilaksanakan oleh Bidang Ketahanan Pangan diantaranya Komoditas beras harga stabil, gula putih, minyak goreng mengalami kenaikan dan untuk stok aman sampai dengan 2 bulan kedepan, dan untuk bulan selanjutnya sudah dipesankan lagi ke distributor. Harga telur 25.000 jadi lebih murah dibandingkan dengan di Pasar Cikurubuk, pasokan berada dari Kabupaten Tasikmalaya, stok daging beku aman dengan harga sesuai HET yaitu 80.000/ kg.

Jadi kesimpulannya harga sayuran sama seperti di Pasar Cikurubuk mengalami kenaikan, dikarenakan pasokan berkurang ( curah hujan yang tinggi juga mempengaruhi produksi karena banyak hama penyakit). Pihak Lotte Mart mengharapkan adanya kerjasama dengan petani untuk komoditas sayuran karena selama ini pasokan dari luar Kota Tasikmalaya ( Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Lembang) dan ini dirasakan terlalu jauh. Jadi intinya Semua bahan pangan pokok strategis aman sampai dengan 2 bulan kedepan apabila tidak ada kejadian diluar dugaan.

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya