Monitoring Harga dan Ketersediaan Kedelai - Unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Monitoring Harga dan Ketersediaan Kacang Kedelai

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan === Bidang Ketahanan Pangan sedang melaksanakan monitoring harga dan ketersediaan kacang kedelai yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya. Monitoring tersebut dilaksanakan di sejumlah pedagang maupun distributor kacang kedelai diantaranya di daerah Ampera dan Indihiang, serta berkunjung ke KOPTTI ( Koperasi Tempe Tahu Indonesia). Selasa, 5 Januari 2021.

Hasil dari monitoring tersebut bahwa pasokan untuk wilayah Kota Tasikmalaya kurang lebih 780.000 ton, sedangkan kebutuhan Kota Tasikmalaya 520.000 ton (hasil kajian MWA), berarti pasokan dan kebutuhan untuk Kota Tasikmalaya sudah cukup dan aman sedangkan untuk sisa stok kacang kedelai buat kebutuhan daerah lain Seperti Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

Harga awal kacang kedelai berkisar Rp. 6.900 s.d Rp. 7.000 / Kg dan sekarang harga kacang kedelai mengalami kenaikan harga berkisar Rp. 8.900 s.d Rp. 9.200 / Kg , mengalami kenaikan dikarenakan kacang kedelai impor dari Amerika sedangkan kebutuhan dari Cina meningkat karena adanya pemulihan ekonomi, produksi berkurang karena akibat dampak pandemi sehingga harga naik, jadi ini karena efek secara global. Solusinya kita harus mengaktifkan lagi KOPTTI yaitu sebagai penyeimbang harga.

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya