Tahu Bulat

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Manfaat Tahu Bulat

Tahu merupakan olaha kacang kedelai. Dan di Indonesia, makanan tahu merupakan makanan yang diandalkan untuk perbaikan gizi. Hal ini dikarenakan tahu memiliki protein nabati yang sangat baik ( memiliki asam amino lengkap dan memiliki daya cerna yang sangat tinggi antara 85% – 98% ).

Gizi dalam tahu memang tak sebanyak gizi yang dimiliki oleh makanan dari hewani, seperti ikan, telur dan daging. Namun, tahu dijual dengan harga yang murah di bawah makanan itu dan secara otomatis masyarakat lebih memilih tahu sebagai pengganti protein dan demi pemenuhan gizi dari makanan hewani.

Tahu juga aman untuk kesehatan jantung karena tidak banyak mengandung kolesterol. Hal ini karena Tahu mengandung sekitar 80% asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan salah satu menu diet yang rendah kalori karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah.

Tahu memiliki kandungan : Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalori, Fosfor, Mineral, Vit – B Kompleks ( thiamine, riboflavin, vitamin e, vitamin B-12, kalium dan kalsium ) yang bermanfaat untuk menunjang terbentuknya tulang secara baik.

Tahu juga punya khasiat medis tersendiri disamping rasanya yang enak. Tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh menurut Medis dari Kanada. Dan ini sudah dibuktikan dengan pengujian ke 55 orang laki laki dan perempuan dengan usia baya yang memiliki kolesterol tinggi ( oleh American Journal of Clinical Nutrition ).

Manfaat Tahu Bulat 

Setelah mengikuti diet yang sehat, mereka di coba untuk dengan beragam pola, mulai dari kacang almond, sayuran mentah, tahu dan jenis makanan kedelai lain. Lalu setahun kemudian kolesterol mereka diukur. Hasilnya : mereka yang mengkonsumsi tahu memiliki kolesterol lebih sedikit dari pada mereka yang mengkonsumsi makanan lain. Dan penurunan mencapai 10-20 %.

Selain itu ternyata tahu juga terbukti mencegah kanker payudara. Kanker payudara juga merupakan penyakit yang banyak di derita oleh kaum wanita. Dan mereka yang mengkonsumsi tahu 25% lebih banyak mengalami peningkatan esterogen lebih banyak daripada yang tidak mengkonsumsi tahu. Serta tekanan darah mereka juga rendah dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi tahu.

Semua manfaat yang dihasilkan daari tahu teryata berasal dari kandungan isoflavon ( hormone esterogen di dalamnya ). Selain mencegah kanker payudara, juga memperlambat penuaan pada wanita. Isoflavon bukan hanya ada pada tahu saja melainkan pada semua makanan yang memiliki kandungan dasar berupa kedelai seperti susu kedelai, kecap, tempe dan sejenisnya.

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya