Tips-Jitu-Membuat-Walet-Betah-Bersarang

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Manfaat Kotoran Burung Walet

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Burung walet terkenal sebagai penghasil sarang mahal nan kaya khasiat. Rupanya, tak hanya sarangnya yang bernilai ekonomi, kotoran yang dihasilkan oleh walet juga bisa dijual. Salah satu fungsi penting kotoran burung walet adalah memancing sekaligus menjaga kelembapan rumah walet. Namun, ada beberapa pembudidaya yang lebih senang tidak menggunakan kotoran burung walet karena sarang yang dihasilkan akan berwarna putih.

Kotoran dapat dibeli langsung dari pengusaha burung walet. Kotoran biasanya dijual dalam bentuk basah dan belum diproses sama sekali. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kotoran yang dibeli bebas dari hama, seperti kecoa, kutu busuk, dan serangga pengganggu lainnya. Hama-hama tersebut dapat berkembang biak di dalam kotoran dan mencemari rumah walet.

Cara pengaplikasian kotoran burung walet sangat mudah. Kotoran hanya disebar di lantai atau dioleskan ke dinding. Kotoran ditebar ke lantai hingga ketebalannya 2 cm. Jumlah kotoran yang ditebar tidak boleh terlalu banyak karena bisa menimbulkan polusi. Selain itu, jumlah yang terlalu banyak dapat menjadi tempat tinggal hama.

Sementara itu, kotoran yang akan dioleskan ke dinding perlu direndam terlebih dahulu selama satu hari untuk menurunkan kadar amoniak. Semakin pekat rendaman, akan semakin baik. Setelah direndam, kotoran sudah bisa dioleskan ke dinding menggunakan kuas sampai ketinggian 1,5 m dari lantai. Pengolesan kotoran sebaiknya jangan terlalu tebal karena pada saat kering kotoran akan menjadi debu dan berjatuhan.

Salah satu produk kotoran walet yang aman untuk digunakan adalah KW-3. Kotoran ini sudah diolah sehingga bebas hama dan baunya bisa bertahan lama lebih dari 2 bulan. KW-3 dapat digunakan dalam keadaan kering, tidak perlu dibasahi. Kotoran ini juga tidak perlu dioleskan ke tembok.

Satu karung KW-3 berukuran 25 kg dapat digunakan untuk menutup lantai seluas 4 m2. KW-3 akan mengeluarkan bau secara bertahap. Bau yang dikeluarkan efektif untuk memancing walet datang dan menetap di rumah walet tersebut.

Selain kotoran burung walet, kotoran burung sriti juga memiliki fungsi yang sama, yakni memancing walet untuk datang.

Sumber : https://www.pertanianku.com/manfaat-kotoran-burung-walet/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya