Lele

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Keunggulan Lele Mutiara

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Pemuliaan lele mutiara sudah dilakukan sejak 2010 hingga 2014. Kini lele mutiara dikenal sebagai salah satu primadona pembudidaya ikan lele karena memiliki banyak keunggulan. Hal tersebut diketahui dari pengujian yang sudah dilakukan yang menunjukkan budidaya lele jenis ini lebih efisien sehingga bisa mendatangkan keuntungan untuk pembudidaya.

Keunggulan utama benih lele mutiara adalah adanya peningkatan kemampuan pertumbuhan pada parameter bobot badan secara kumulatif dari populasi asalnya.

Ada banyak keunggulan lele mutiara yang sudah terkenal di kalangan pembudidaya. Berikut ini beberapa keunggulan lele mutiara.

  • Laju pertumbuhan tinggi.
  • Durasi pemeliharaan lele lebih singka Masa pembesaran benih lele sebar berukuran 5–7 cm atau 7–9 cm dengan pada tebar 100 ekor/m2 selama 40–50 hari. Sementara itu, dengan padat tebar 200–300 ekor/m2, lama pembesaran akan berlangsung 60–80 hari.
  • Tingkat keseragaman tergolong tinggi. Pada tahap produksi benih, keseragaman ikan dapat mencapai 80–90 persen benih siap jual. Adapun tingkat keseragaman pada panen pertama saat pembesaran tanpa sortir diperoleh lele berukuran konsumsi mencapai 70–80 persen.
  • Rasio konservasi pakan (feed conversion ratio/FCR) relatif rendah, yakni hanya 0,6–0,8 pada pendederan dan 0,8–1,0 pada masa pembesaran. Dengan begitu, pembudidaya dapat membuat pakan lebih efektif.
  • Daya tahan lele terhadap penyakit tergolong tinggi. Sintasan survival rate/SR pendederan benih berkisar 60–70 persen pada infeksi bakteri Aeromonas hydrophila tanpa diberikan antibiotik.
  • Lele mutiara terkenal memiliki toleransi yang tinggi terhadap lingkungan. Jenis lele ini dapat bertahan pada suhu 15–35°C, pH 5–10, kadar ammonia kurang dari 3 mg/l, kadar nitrit kurang dari 0,3 mg/l, dan kadar salinitas 0–10 persen.
  • Keunggulan lain yang tidak kalah penting dari lele mutiara adalah tingkat produktivitas yang tinggi. Produktivitas pada tahap pembesaran 20–70 persen lebih tinggi dibanding benih-benih lain.
  • Selain itu, proporsi daging yang dihasilkan lebih tinggi. Keunggulan ini disenangi oleh konsumen.
  • Dengan segala keunggulan yang ada, lele mutiara dapat memberikan keuntungan usaha yang lebih tinggi dibanding benih-benih dari strain

Sumber : https://www.pertanianku.com/keunggulan-lele-mutiara/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya