Kandungan-Nutrisi-Penting-dalam-Pakan-Ikan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Kandungan Nutrisi Penting dalam Pakan Ikan

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Pakan ikan berperan penting terhadap pertumbuhan ikan karena di dalam pakan terkandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan. Kebutuhan nutrisi dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, usia, konsumsi makanan, dan kehilangan unsur nutrisi sebelum sempat digunakan. Kedua, aktivitas.

Selain sebagai sumber nutrisi, pakan juga berfungsi memperbaiki metabolisme lemak, mempercepat reproduksi, meningkatkan cita rasa, membentuk warna tubuh, dan pengobatan.

Nutrisi yang dibutuhkan antara lain protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain lengkap, kadar nutrisi yang terkandung juga harus tepat. Biasanya, pakan yang dibuat di pabrik sudah mengandung nutrisi-nutrisi tersebut.

Kandungan nutrisi di dalam pakan ikan bergantung pada bahan-bahan pakan yang digunakan dan tergolong menjadi dua klasifikasi, yaitu sebagai sumber protein dan sumber energi. Ada sumber protein yang tidak bisa diberikan pada ikan. Begitu pun dengan sumber energi, ada yang tidak cocok diberikan pada ikan.

Berikut ini kandungan nutrisi penting dan fungsinya dalam pakan ikan.

Protein

Bukan hanya ternak ruminansia dan unggas yang membutuhkan protein, ikan juga membutuhkan protein sebagai sumber energi.

Lemak

Lemak berperan penting terhadap kualitas pakan yang dihasilkan. Lemak dapat memengaruhi rasa dan tekstur sehingga disukai oleh ikan. Sangat penting mencari pakan yang disenangi ikan agar nafsu makan ikan tinggi.

Vitamin

Kandungan vitamin di dalam pakan buatan bergantung pada bahan baku yang digunakan dan bahan yang ditambahkan. Jumlah vitamin di dalam pakan dapat berkurang atau rusak selama proses pembuatan dan penyimpanan pakan buatan. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa pakan dan tidak menyimpan pakan dalam waktu yang lama. Anda dapat menghindari penyimpanan yang terlalu lama dengan membeli pakan sesuai kebutuhan.

Karbohidrat

Nutrisi karbohidrat bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat ikan. Nutrisi ini juga dibutuhkan sebagai alat perekat (binder) untuk mengikat komponen bahan baku dalam pembuatan pakan.

Mineral

Mineral berperan dalam proses pembentukan rangka, pernapasan, dan metabolisme. Fungsinya tergolong sangat penting sehingga tidak boleh sampai kekurangan.

Sumber : https://www.pertanianku.com/kandungan-nutrisi-penting-dalam-pakan-ikan/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya