Ekspor-Perdana-Pakan-Ternak-Trytophan-Granule-ke-Asia-dan-Eropa

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Gudang Pakan Ayam yang Ideal

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Gudang pakan menjadi salah satu instrumen yang perlu Anda persiapkan untuk menunjang kegiatan peternakan. Pada dasarnya gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melindungi pakan dari pengaruh lingkungan, seperti fluktuasi suhu dan kelembapan, sinar matahari, air hujan, serta hewan pengganggu. Gudang memegang peranan yang penting juga seperti kandang karena bangunan ini melindungi pakan yang sangat dibutuhkan setiap harinya.

Kualitas pakan ayam bisa bertahan selama 30 hari sejak tanggal produksi. Apabila melewati batas tersebut, kualitas pakan akan terus menurun. Itu sebabnya Anda tidak disarankan menyimpan pakan lebih dari 14 hari.

Untuk menunjang kualitas pakan, berikut ini beberapa syarat gudang pakan yang ideal untuk digunakan.

Harus bersih

Bukan berarti namanya gudang itu selalu kotor, justru gudang pakan harus selalu bersih dan memenuhi persyaratan suhu serta kelembapan penyimpanan pakan. Suhu yang dibutuhkan adalah suhu ruang atau tidak lebih dari 34°C dan kelembapan tidak lebih dari 70 persen. Namun, bila Anda menyimpan bahan seperti premix atau adaptif pakan, suhu yang dibutuhkan di bawah suhu ruang.

Tingkat kelembapan yang tinggi bisa menyebabkan kontaminasi jamur. Kontaminasi tersebut bisa menghasilkan racun (mikotoksin) yang berbahaya karena bisa menyebabkan ayam keracunan, produktivitas menurun, dan kematian.

Gudang harus terpisah dari kandang ayam

Gudang pakan yang ideal harus terpisah dari kandang ayam. Hal ini bertujuan untuk menghindari kontaminasi dari bahan yang tidak diinginkan dari dalam kandang. Selain itu, gudang juga harus terbebas dari bahan kimia, seperti pestisida, insektisida, ataupun racun tikus.

Menggunakan palet

Pakan-pakan yang disimpan di gudang tidak boleh langsung ditaruh di lantai. Anda perlu menggunakan palet dengan tinggi 15 cm. Palet merupakan alas yang terbuat dari papan kayu dan berfungsi sebagai pembatas antara karung yang berisi pakan dan lantai.

Pakan tidak menempel pada dinding

Pakan juga dilarang menempel pada dinding sehingga Anda perlu menciptakan jarak antara tumpukan pakan dan dinding. Hal ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara sehingga pakan tetap dalam kondisi kering.

Ukuran ruang luas

Gudang sebaiknya cukup luas untuk memudahkan pengaturan keluar masuk pakan. Ruangan yang luas juga bisa mempermudah Anda mengatur jarak antara pakan dan dinding.

Sumber : https://www.pertanianku.com/gudang-pakan-ayam-yang-ideal/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya