Unggulan

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Gemarikan pada Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya === Bertempat di Halaman UPTD Pengembangan Produksi Ikan (PPI) Jalan Letnan Harun Kota Tasikmalaya telah dilaksanakannya Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) pada Acara Puncak Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke- 8 Tahun 2021. Pada acara tersebut, turut  hadir Asisten 1 ( Pemerintahan Kota Tasikmalaya ), Asisten 2 ( Bidang Ekonomi Masyarakat Kota Tasikmalaya), Ketua Forikan Kota Tasikmalaya Hj, Rukmini Yusuf, Unsur Forkopimda, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Tasikmalaya, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Camat Bungursari dan Tamu Undangan. Kamis, 25 November 2021.

Hari Ikan Nasional (Harkannas) diperingati setiap tahun pada tanggal 21 November. Harkannas ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional. Penetapan Hari Ikan Nasional dilandasi 2 (dua) pertimbangan yakni : yang pertama adalah bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa, dan pertimbangan kedua adalah dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dan mendukung Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional, diperlukan upaya – upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Tahun 2021 merupakan peringatan Harkannas yang ke-8 dengan tema ” Ikan Untuk Generasi yang Tangguh dan Unggul “, dengan harapan bahwa ikan dapat menjadi sumber protein utama dan asam lemak omega 3 dalam peningkatan kualitas generasi penerus, tidak hanya di Indonesia tapi juga untuk seluruh dunia. Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan merupakan program nasional yang diimplementasikan di tingkat Pusat, Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Tujuan sosialisasi Gemarikan ini adalah untuk mensosialisasikan dan membangun kesadaran masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan mengingat ikan merupakan pilihan yang aman, sehat, dan halal sebagai asupan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, kesehatan dan kecerdasan.

Rangkaian acara  kegiatan Gemarikan dalam rangka Peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 Kota Tasikmalaya Tahun 2021 terdiri dari Lomba Mewarnai bagi siswa PAUD, Lomba Masak Serba Ikan bagi Wirausaha Baru / Pelaku Usaha Perikanan, Sosialisasi dan Demo Masak Ikan Bagi Kader PKK, Kader Posyandu, dan Tenaga Pendidik, Gelar Produk Hasil Perikanan dan Pertanian serta Makan Ikan/Olah Ikan Bersama. Peserta Gemarikan pada Peringatan Harkannas ke-8 Kota Tasikmalaya Tahun 2021 terdiri dari Unsur Tim Penggerak (TP) PKK Kota Tasikmalaya, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, Kader Posyandu, Wirausaha Baru / Pelaku Usaha Perikanan dan Siswa TK/PAUD.

 

 

 

 

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya