Cabai rawit hijau

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Fakta Menarik Konsumsi Cabai Rawit

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Cabai rawit terkenal dengan ukurannya yang kecil dan rasa pedas. Pencinta pedas pasti tahu jenis cabai ini karena rawit termasuk jenis cabai yang dapat membuat makanan terasa pedas. Tahukah Anda, rawit tak hanya mampu menciptakan sensasi pedas. Cabai berukuran kecil ini juga mendatangkan manfaat saat dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi rawit secara berlebihan karena rasa pedas yang ditimbulkan dapat menyebabkan sakit dan memicu penyakit lainnya. Berikut ini manfaat cabai rawit yang perlu Anda ketahui.

Mencegah pertumbuhan kanker dan tumor

Di balik rasanya yang pedas, rawit diduga bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor, serta membunuh sel jahat.

Lebih cepat kenyang

Ketika mengonsumsi cabai rawit, Anda akan terasa lebih cepat kenyang. Saat tidur, cabai dengan sifat thermogenic-nya akan menaikkan suhu tubuh sedikit dan membakar kalori dalam tubuh.

Melancarkan pekerjaan pencernaan

Cabai andalan untuk menciptakan rasa pedas ini dapat melancarkan kerja perut dan kerja cairan pencernaan lain. Cabai hijau mampu memperbaiki sistem pencernaan tubuh karena kandungan serat di dalamnya sangatlah tinggi sehingga mampu membersihkan saluran pencernaan yang terganggu (usus).

Mengontrol rasa sakit

Rawit memang terkenal dapat menyebabkan rasa pedas yang kurang nyaman. Namun, di sisi lain, rawit juga bisa mengontrol rasa sakit. Mengonsumsi cabai akan membuat Anda mampu bertahan lebih lama terhadap rasa sakit. Ini karena sirkulasi darah yang lancar dan membantu nutrisi dalam menyembuhkan luka, sekaligus bertindak sebagai antiradang.

Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat penting lainnya dari cabai rawit adalah meningkatkan sirkulasi tekanan darah. Dengan kata lain, rawit dapat meningkatkan kekuatan jantung.

Mengontrol pendarahan

Cabai rawit dapat mengontrol pendarahan. Cabai rawit memiliki sifat antipendarahan. Dengan mengonsumsi 1–2 sendok bubuk cabai rawit, Anda dapat menghentikan pendarahan hanya dalam hitungan menit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cabai juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C sendiri sangat baik karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang benar.

Sumber : https://www.pertanianku.com/fakta-menarik-konsumsi-cabai-rawit/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya