Waktu-Panen-Jahe-yang-Tepat-630x420

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Cara Membuat Tepung Jahe

Artikel : DKP3 Kota Tasikmalaya

Jahe termasuk salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk keperluan memasak atau membuat ramuan tradisional. Jahe sering diolah menjadi tepung untuk memudahkan penggunaannya. Cara membuat tepung jahe hampir sama seperti proses pengolahan rempah-rempahan kering.

Tepung jahe terbuat dari rimpang jahe tua. Anda dapat menggunakan 100 kg jahe untuk sekali produksi tepung. Produk yang dihasilkan berwarna cokelat kekuningan dengan aroma jahe yang khas. Proses pembuatan ini akan menghasilkan tepung dengan rendemen 7,8 persen dari bahan baku awal. Artinya, tepung jahe yang dihasilkan sebanyak 7,8 kg.

Berikut ini langkah-langkah membuat tepung jahe :

  • Bersihkan dan cuci rimpang jahe yang akan digunakan dari tanah dan kotoran lain yang menempel dengan air mengalir. Selama pembersihan, Anda juga perlu melakukan sortasi untuk mendapatkan jahe dengan kualitas baik. Setelah itu, tiriskan jahe di keranjang berlubang.
  • Iris-iris rimpang jahe dengan menggunakan mesin pengiris secara melintang dengan ketebalan 1–3 mm.
  • Blansir irisan jahe dengan merebusnya di dalam air panas bersuhu 80–90 selama 6 menit. Setelah itu, celupkan irisan jahe yang sudah diblansir ke dalam air bersuhu 25–30. Tiriskan kembali agar sisa airnya terpisah dari irisan jahe. Irisan jahe yang akan dihancurkan menjadi tepung perlu diblansir untuk menghilangkan udara dari jaringan bahan, mengurangi jumlah mikroba, mempertahankan warna, dan menonaktifkan enzim.
  • Keringkan irisan rimpang jahe ke dalam mesin pengering bersuhu 70–80C selama 4 jam. Anda juga bisa mengeringkan irisan rimpang dengan bantuan sinar matahari selama 3–5 jam. Pengeringan bertujuan mengurangi kadar air, mempertahankan daya fisiologi bahan, mengawetkan produk, dan mempertahankan kualitas produk. Proses pengeringan juga dapat mempermudah pengangkutan produk karena lebih ringan dan tidak bulky.
  • Haluskan dan ayak irisan rimpang dengan hammer mill untuk memperoleh ukuran partikel yang seragam. Hammer mill yang akan digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa yang kemungkinan masih tertinggal di dalamnya. Hal ini sangat penting untuk menghindari adanya bahan lain yang tercampur ke dalam produk tepung.
  • Masukkan tepung jahe yang sudah jadi ke plastik. Kemas dengan sealer.

Sumber : https://www.pertanianku.com/cara-membuat-tepung-jahe-2/

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya