kentanghitam

Diposting oleh:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on email
Share on telegram

Manfa’at Ubi Ungu

UBI UNGU 
Ubi jalar ini memiliki nama latin Ipomea Batatas Poiret. Ubi jalar ini ternyata juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat cemilan misalnya, kue, bakpao, minuman, bahkan eskrim.
Kandungan ubi jalar ungu memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis umbi lain, yakni dari 100 gr ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit. Kandungan ubi jalar ungu yang lain diantaranya Zn, K, Mg, Cu, lisin, vitamin C, B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan juga termasuk sumber karbohidrat yang tinggi.
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa, peningkatan konsumsi makanan nabati seperti ubi jalar ungu ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kematian secra keseluruhan. Selain itu ubi jalar juga sangat bermanfaat dalam mempromosikan kulit yang sehat serta meningkatkan energi pada tubuh manusia.
Berikut manfaat ubi jalar ungu bagi kesehatan :
1. Sebagai Sumber Antioksidan
Di dalam ubi jalar ungu terdapat senyawa antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga antioksidan tersebut dapat menetralisir pengaruh buruk drai polusi udara, mencegah terjadinya oksidasi didalam yubuh serta mencegah timbulnya penggumpalan darah.
2. Menjaga tekanan darah
Kandungan kalium yang terdapat pada ubi jalar ungu sangat berperan dalam mengontrol tekanan darah, detak jantung serta mengontrol otot dan saraf yang ada dalam tubuh manusia.
Tekanan darah yang stabil adalah salah satu kunci tubuh yang sehat.
3. Mencegah kanker
Di dalam ubi jalar banyak mengandung beta karoten yaitu zat yang bersifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dan dapat mencegah kanker.
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingginya kandungan karotenoid beta karoten didalam darah dengan penurunan risiko kanker payudara. Sehingga para ahli kesehatan merekomendasikan untuk makan buah dan sayur yang banyak menganduk betakaroten.
4. Melancarkan pencernaan
Serat dan pektin yang terdapat dalam ubi jalar ungu dapat melancarkan pencernaan, sehingga mengkonsumsi ubi jalar ungu dapat mengatasi sembelit dan wasir.

5. Menjaga berat badan
Mengkonsumsi ubi jalar beserta dengan kulitnya akan membuat berat badan Anda akan stabil. Karena ubi jalar ungu dan kulitnya banyak mengandung sertat dan karbohidrat kompleks yang akan membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi ubi jalar ungu. Sehingga dengan demikian akan membuat jumlah gula darah tetap sta bil dan terhindar dari makan makanan yang tidak sehat.
Selain itu, ubi jalar ungu juga dapat menurunkan LDL atau kolesterol dalam darah karena didalam ubi jalar ungu mengandung jenis serat larut.
6. Salah satu sumber vitamin A terbaik
Kandungan vitamin A yang terdapat pada ubi jalar ungu tergolong tinggi. Vitamin A ini ditunjang karena adanya kandungan beta karoten yang sangat banyak. Beta karoten di dalam tubuh akan dibah menjadi vitamin A dan menyediakan 200 persen kebutuhan vitamin A dalam sehari untuk tubuh. Selain itu,sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa manfaaat beta karoten dalam tubuh sangat banyak. Untuk beta karoten sendiri bisa didapakan pada buah dan sayur yang berwarna orange, ungu, hijau dan kuning.
7. Meningkatkan imunitas
Dalam ubi jalar ungu yang mengandung banyak vitamin C dan betakaroten dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari kombinasi yang kuat dari kedua nutrisi tersebut.
Kandungan vitamin C yang terdapat pada ubi jalar ungu berperan dalam mencegah virus berbagai macam penyakit seperti flu.
8. Mengatasi peradangan
Pada sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal Of Medicinal Food, didalam ekstrak ubi jalar ungu ditemukan memiliki anti inflamasi dan antilipogenic positif. Di dalam ubi jalar ungu terdapat kolin yang dapat membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak, dan mengurangi inflamasion. Selain itu kolin juga merupakan nutrisi yang sangat penting dan serbaguna untuk membantu gerakan otot, tidur belajar dan memory.
9. Mempengaruhi kesuburan
Vitamin A pada ubi jalar juga sangat penting dalam masa kehamilan dan menyusui untuk sintesis hormon. Selain itu, Bagi wanita yang masih subur, mengkonsumsi ubi jalar ungu yang kaya akan vitamin A dan zat besi akan mempengaruhi kesuburannya.

10. Makanan anti penuaan dini
Ubi jalar ungu memiliki kadar karotenoid yang tinggi akan mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat menjadikan kulit lebih sehat dan pantang terjadi penuaan dini.
Kandungan betakaroten yang berperan sebagai antioksidan dapat memfasilitasi vitamin A berfungsi penuh untuk melepaskan sel kulit mati serta memproduksi sel kulit baru yang lebih sehat. Sehingga mengkonsumsi ubi jalar dapat menambah nutrisi untuk kulit dan menjadikan kulit tampak lebih muda.
11. Mencegah serangan jantung
Kandungan pyridoxine yang terdapat pada ubi jalar ungu dapat menurunkan homosistein kimia sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu juga terdapat senyawa kalium, yang mempunyai fungsi yang sama.

12. Menjaga kekeknyalan kulit
Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada ubi jalar ungu mampu memproduksi kolagen untuk kekenyalan kulit.

13. Mengatasi Diabetes
Ubi jalar ungu mmemang mempunyai rasa manis, tetapi ternyata hal ini sangat mempengaruhi dalam pengobatan pada penderita diabetes. Penderita diabetes dapat menggantikan karbohidrat yang ada pada nasi dengan ubi jalar ungu.

14. Mencegah sakit maag
Meengkonsumsi ubi jalar ungu dapat memberikan efek nyaman pada lambung dan usus kecil. Kandungan vitamin B kompleks, vitaminC, kalium, kalsium dan betakaroten sangat efektif dalam mengurangi peradangan pada lambung. SElain itu serat yang terdapat pada ubi jalar juga bermanfaat untuk mencegah asam lambung. Sementara itu sifat anti inflamasi nya juga dapat mengurangi peradangan pada lambung.

15. Mengurangi gejala arthritis
Kandungan beta karoten, magnesium, vitamin B kompleks, dan seng membuat ubi jalat ungu merupakan pilihan terbaik untuk penderita arthritis.
Demikian tadi beberapa manfaat ubi jalar ungu untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Dalam mengkonsumsi ubi juga harus dikontrol dan sesuai dengan porsinya, agar manfaat ubi ungu dapat dirasakan dengan optimal.
Terima Kasih telah membaca Artikel Ternyata Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Ubi Jalar Ungu Yang Perlu Anda Ketahui. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya..

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on telegram
Share on twitter

Berikan Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya